Senin, 05 Juli 2010

Graffity.....!!!?!

Sebenernya ini copas dari blog ku yang lama
masih kepakek sih.. tapi jarang update.. males + design.nya ancur..!! jadi, aku re-write di sini... OK..! here we go...


Graffiti berasal dari bahasa latin graphium yg artinya menulis. Secara umum= Kegiatan seni rupa yg menggunakan komposisi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kalimat tertentu di atas dinding. Alat yg biasa di gunakan: cat semprot kaleng/pilox.

Dalam sejarahnya, graffiti sudah bermula dari manusia primitif sebagai cara mengomunikasikan perburuan. Pada masa itu Graffiti sebagi sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu. Graffiti juga terlihat di dinding-dinding piramida pada zaman Mesir Kuno, serta digunakan sebagai sarana menunjukkan ketidak puasan pada zaman Romawi.

Graffiti menjadi kontroversial dikalangan masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia. Ada sebagian yg menganggap Graffiti merupakan karya seni yg mengandung nilai estetika yg tinggi. Sebagian lainnya menyebut Graffiti sebagai sampah visual yg mengganggu keindahan dan mengotori tata ruang kota yg biasa kita temui di tembok-tembok pinggir jalan, di kolong jembatan jalan tol dan sebagainya. Bahkan Graffiti dianggap tindakan kriminal dan sudah banyak kelompok-kelompok pelukis Graffiti (bomber) yg digrebek polisi saat menjalankan aksinya.

Dalampembuatan polanya, Graffiti dapat dibagi menjadi 2 jenis, antara lain Gang Graffiti dan Tagging Graffiti. Gang Graffiti yaitu graffiti sebagai identifikasi daerah kekuasaan lewat tulisan nama gang, gang gabungan, para anggota gang atau tulisan tentang apa yg terjadi di dalam gang itu. Tagging Graffiti yaitu jenis Graffiti yg sering digunakan untuk ketenaran seseorang atau kelompok. Semakin banyak Graffiti jenis ini bertebaran, makin terkenallah nama pembuatnya. Karena itu graffiti jenis ini memerlukan tagging atau tanda tangan dari pembuat atau bombernya, semacam tanggung jawab karya.

Oh ya ada tambahan sedikit... kebanyakan Graffiri yang ada dalam bentuk tulisan. Tapi Graffiti juga ga' sebatas cuma tulisan. Graffiti yang bisa dibilang "bener-bener graffiti" itu lebih dominan tulisan daripada gambar, sedangkan graffiti yang lebih dominan gambar dari pada tulisan, itu bisa dibilang mural. Tapi klo buat Gang Graffiti sih (sepertinya) g terbatas sama gituan deh...

Ni aku kasih contoh graffiti:
Spoiler[Tagging Graffiti] :




Spoiler [Gang Graffiti] :





Spoiler [Mural Graffiti] :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar